Tiga Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Terkadang kita perlu untuk menyimpan tangkapan layar (screenshot) pada komputer yang kita gunakan, windows sudah memberikan fasilitas untuk menyimpan halaman dari layar yang kita buka. Ada berbagai cara menyimpan layar pada windows, seperti berikut ini :

  1. Mengunakan Snipping Tool : Buka aplikasi Snipping Tool Setelah terbuka, Anda dapat menyesuaikan bentuk screenshot (SS) yang ingin diambil. Anda dapat memilihnya SS di menu Mode, dengan bentuk yang tersedia antara lain, full screen, persegi panjang, hingga bentuk bebas

  1. Dengan tombol Windows+PrtSc : Anda juga dapat mengambil screenshot di laptop Windows 10 dengan cara menekan kombinasi tombol “Windows” dan “PrtSc” secara bersamaan. Anda tidak perlu membuka aplikasi apabila menggunakan cara ini. Setelah Anda tekan tombol Windows+PrtSc, layar laptop Anda akan berkedip. Kedipan tersebut merupakan tanda bahwa SS telah berhasil dilakukan dan tersimpan dengan baik.
  2. Dengan tombol Windows+Shift+S : Screenshot di laptop Windows 10 juga dapat diambil dengan cara menekan kombinasi tombol Windows, Shift, dan S secara bersamaan. Anda juga tidak perlu membuka aplikasi lain apabila menggunakan cara ini. Berbeda dengan cara sebelumnya, ketika menekan kombinasi tombol tersebut layar Anda akan freeze. Lalu, Anda akan disajikan beberapa menu untuk memilih bentuk screenshot, seperti bentuk kotak hingga bentuk bebas. Setelah memilih bentuknya, Anda dapat mengambil SS dengan cara menggerakkan kursor pada bagian layar yang ingin ditangkap.  Kemudian, Anda bakal disajikan dengan jendela baru seperti menggunakan Snipping Tool, yang menyediakan pilihan untuk mengedit.
    sumber : tekno.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.